Harga Bondek Per Meter/ Lembar Terbaru 2018

Harga Bondek – Perubahan pembangunan di Indonesia sudah sangat pesat dengan pengaruhnya perkembangan teknologi dan inovasi terus terjadi. Dalam dunia kontruksi salah satu yang bisa dilihat adalah dalam pemilihan metode pemasangan dan juga pemilihan bahan material. Perlu diketahui bahwa modern ini tahapan pengecoran sebuah rumah atau gedung sudah tidak lagi menggunakan dak secara konvensional. Akan tetapi saat ini sudah beralih menggunakan bondek. Jika dilihat secara kasat mata bondek tidak jauh beda dengan bahan galvanis yang dibentuk menyerupai seng gelombang akan tapi yang membedakan adalah fungsinya yang tidak sebagai penutup atap seng. Bondek atau floordek adalah jenis plat baja yang dilapisi galvanis dan memiliki kekuatan struktur yang kuat pada saat digunakan lapisan cor dak lantai.

Jika sebelumnya proses pengecoran dak beton menggunakan wiremesh atau pengganti triplek, namun saat ini sudah ada bondek yang tersedia lebih konvensional. Seperti yang sudah di sebutkan bahwa material yang berbahan dasar baja ringan ini biasanya dipasang setelah penyangga (kayu atau scaffolding). Pembuatan bahan material bondek di buat dengan bentuk dan konversi dengan ketebalan tertentu. Tersedianya beberapa ketebalan tersebut juga berpengaruh pada harga bondek itu sendiri. Dengan bentuk gelombang, bisa dikatakan plat bondek dirancang dengan bentuk yang sudah diperhitungkan agar mampu menahan beban besi dan cor beton bertulang. Karena setiap kontruksi bangunan memiliki beban material yang berbeda-beda.

Harga Bondek

Dengan adanya plat bondek yang membantu pada proses dak lantai maka beberapa material lainnya juga lebih diuntungkan dari sisi penghematan. Salah satu bahan material yang bisa dilihat dari penghematanya adalah segi penggunaan besi (wiremesh). Jika biasanya penggunaan wiremesh dipasang 3-4 lapis, maka setelah menggunakan plat bondek bisa menggunakan 1 lapis saja dengan ketebalan tertentu. Material bondek sendiri umumnya memiliki  ketebalan dengan ukuran tebal 0.75 mm dan lebar 1 m. Akan tetapi juga tersedia pilihan ukuran bondek dengan ragam penawaran harga bondek yang bisa disesuaikan. Untuk ketebalan baja ringan ini yaitu 0.60mm, 0.65mm, 0.70mm, 0.75mm samapi 1.0mm dengan ukuran lebar nya sendiri mulai 88 cm, 92 cm dan 100 cm. Akan tetapi penggunaan material bondek juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang bisa dilihat berikut ini.

Harga Bondek 2018

No Ukuran(Tebal) Lebar : 1 Meter Harga
1 0,65 mm Rp. 99.000/m2
2 0,75 mm Rp. 110.000/m2
3 1 mm Rp. 182.000/m2
Ukuran Ready Stok
1 3 Meter Rp 306.000/lmbr
2 3,5 Meter Rp 357.00/lmbr
3 4 Meter Rp 408.000/lmbr
4 4,5 Meter Rp 459.000/lmbr
5 5 Meter Rp 510.000/lmbr
6 5,5 Meter Rp 561.000/lmbr
7 6 Meter Rp 612.000/lmbr

Kelebihan Bondek

Jika saat ini masih melakukan proses pengecoran, maka sebelumnya kami sarankan untuk menambahkan material bondek. Hal ini dikarenakan pembangunan juga dapat menghemat begesting pada lantai. Disisi lain juga meminimalisir penggunaan besi tulangan bagian bawah karena fungsinya sudah digantikan oleh bondek.

Jika dilihat dari bagian bawah maka penggunaan plat baja ringan ini juga terjamin rapi. Penggunaan bondek sendiri juga dapat mengurangi resiko beton keropos atau retak sehingga memerlukan pekerjaan finishing tambahan. Keunggulan bondek sendiri juga aman jika terkena api dan juga anti korosi atau karat sehingga bangunan dak lantai bisa bertahan lama.

Kekurangan Bondek

Adanya kelebihan dari material yang berbahan baja ini, secara tidak langsung bondek juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa diantaranya adalah plat bondek tidak mudah dipotong, maka disarankan untuk mengukur secara rinci kebutuhan dan keakuratan floordeck yang dibutuhkan. Selain itu untuk menyambung kan satu dengan yang lain menggunakan las listrik sebagai alatnya.  Disamping itu bondek juga tidak cocok di pasang pada plat lantai cor beton untuk area bagian tepi. Bagian yang dimaksud adalah bagian tepi yang tidak ditopang balok seperti plat kantilever dan plat kanopi. Beberapa kekurangan ini seakan juga tidak mempengaruhi turunnya harga bondek yang ada dipasaran, karena masih banyaknya jumlah peminatnya.

Bahan material bondek yang menghadirkan beberapa kegunaan serta kelemahan yang dimiliki namun masih bisa diatasi. Disini anda sebagai konstruktor juga harus bisa mempertimbangkan penggunaan dari bondek cor atau tetap menggunakan teknik yang secara konvensional yang menggunakan triplek dan papan sebagai begesting. Disisi lain penggunaan plat ini sendiri juga dianggap lebih mengurangi penggunaan penyangga. Jadi bisa dikatakan bahwa tidak perlu penyangga yang banyak karena jarak penyangga maksimal jarak 1.5 m- 1.8 m. Terlebih pemanfaatan kayu yang sudah selesai dalam proses dek juga sedikit dalam pemanfaatanya. Walaupun harga bondek yang ditawarkan dalam ketebalan tertentu dianggap lebih mahal namun tetap sebanding dengan kelebihan yang diberikan dengan jangka waktu yang lebih lama.